Artikel Alih Bahasa Fr-Ind

Les Villes françaises

Paris est la plus grande ville de France. C’est aussi la capitale du pays. Les Français appellent Paris la ville lumière. En France, il y a Paris et la province. Attention, ne confondez pas la province et la Provence. La Provence est le nom d’une région du sud de la France. La province, c’est la France entière sans Paris. Dans le nord de la France, il y a une ville qui s’appelle Lille. C’est une ville proche de la Belgique. Dans l’ouest de la France, près de l’océan Atlantique, il y a Nantes et dans le Sud-Ouest, il y a Bordeaux. La région de Bordeaux est très célèbre pour ses vins. Toujours dans le sud-ouest, il y a Toulouse. On appelle Toulouse la ville rose parce que les murs des maisons sont en briques. Dans le sud-est, les grandes villes sont Marseille, Nice et Toulon. Marseille est très connue pour sa bouillabaisse mais aussi pour son équipe de football: l’OM. C’est aussi l’un des plus grands ports de la mer Méditerranée. Dans l’est de la France, il y a la ville de Lyon qui est située dans le département du Rhône. C’est une ville très dynamique sur le plan économique, culturel et sportif puisqu’on y joue très bien au football.

Kota-Kota di Perancis

Paris adalah kota terbesar yang juga merupakan ibukota negara Perancis. Orang perancis menjulukinya sebagai kota cahaya. Di Perancis, terdapat Paris dan la province1. Perlu diperhatikan perbedaan antara la province dan la Provence2. La Provence adalah nama sebuah région3 di bagian selatan Perancis. Sementara la province adalah seluruh wilayah Perancis selain kota Paris. Di bagian utara Perancis, ada sebuah kota yang bernama Lille. Kota ini berada dekat dengan Belgia. Di bagian barat Perancis, dekat dengan Samudra Atlantik, ada kota Nantes dan di bagian barat daya, ada Bordeaux. Daerah Bordeaux sangat dikenal karena anggurnya. Masih di bagian barat daya, ada Toulouse. Toulouse disebut kota merah muda karena dinding rumahnya terbuat dari batu bata. Di bagian tenggara, ada kota-kota besar seperti Marseille, Nice, dan Toulon. Marseille sangat dikenal tidak hanya karena bouillabaisse4nya tetapi juga karena klub sepakbolanya : l’OM5. Marseille juga merupakan salah satu pelabuhan terbesar di laut Mediterania. Dan di bagian timur Perancis, ada kota Lyon dalam departemen Rhône. Lyon adalah kota yang sangat dinamis dalam bidang ekonomi, budaya, dan olahraga sejak permainan sepak bolanya sangat baik.

1la province atau ekspresi en province dalam bahasa perancis memiliki arti di luar wilayah Paris atau daerah administratif selain ibu kota.

2la Provence adalah salah satu provinsi di Perancis yang berbatasan dengan Italia dan laut Mediterania

3 région adalah unit administratif yang diatur oleh SNCF berdasarkan kesamaan ekonomi dan iklim

4Bouillabaisse adalah makanan khas seafood dengan bahan baku khas Marseille yang dimasak dengan cara direbus.

5L’OM singkatan dari Olympique de Marseille adalah klub sepak bola Perancis yang berbasis di Marseille.

Leave a comment